Friday, September 18, 2015

masalah lidah

bonjour,,, hello everybody,

     so, kali ini gue balik lagi dengan segelas hot chocolat di samping gue dan beberapa bahan curhatan salah satunya adalah makanan...
yup, MAKANAN!!!
sebagai orang indonesia tulen dari sono nya, gak bisa dong gue gitu aja ninggalin cita rasa yg udah biasa dirasain sama lidah gue, dan loe pada tau sendiri, maasakan prancis dan indonesia itu gak ada sama sama nya boo',, kalo boleh gue ibaratin nih, udah kayak timur dan barat, nah loh gimana dong itu ????
mmmm,, alors buat masalah satu ini agak sedikit susah ditoleransi dalam waktu yang singkat, i mean yeah gue pasti bakalan bisa terbiasa makan makanan bule gitu, tapi tetep aja gue butuh waktu buat lidah gue beradaptasi sama cita rasanya, karna gue bukan tipe orang penyuka segala makanan, **lha wong di Indo aja kalo mau makan pilih pilih dulu kok, kalo gak favorit gak mau makan, nah ini apalagi di negeri orang ??? **alamak, macam mana aku ini'
yaa kalo dibilang susah ya nggak tapi dibilang nggak ya susah juga,, lol ,untungnya keluarga suami gue gak terlalu maksain gue harus makan ini itu, mereka bilang "welcome to our kitchen,now this kitchen is yours" so apapun yg mau gue buat, gue free disini. saat gue pengen makan masakan indonesia contohnya oseng oseng kubis, gue dengan mudah bisa buatnya, first kubis itu gampang didapet, almost all magasin disini jual kubis, dan bahan bahannya pun gak rumit, macam bawang merah and putih, tomat dan cabe eitss'' perlu gue note untuk yg satu ini "cabe, yes cabe, selama gue nginjekin kaki di tanah napoleon bonaparte ini,gue belum pernah ngerasain namanya makan cabe kecil :( sedih gak sih loe kalo jadi gue, yaiyalah sedih, secara gue indonesian seutuhnya dan orang indonesia gak bisa makan tanpa cabe dan ini efek juga karna bonyok juga dari Aceh so suka dari orok kali ya gue dibiasain makan cabe dan begitu gue nyampe di prancis....... tarraa, kebiasaan itu pun hilang musnah ntah kemana, dan sekarang pertanyaannya adalah KENAPA??? yup kenapa? karna suami gue nglarang, kenapa suami gue nglarang ??? karna gue sempet punya beberapa masalah di pencernaan, so doi bersikeras buat gue stop makan cabe, nah gue gak bisa seenak itu juga x ya tiba tiba berenti makan cabe, tappi gue gak berdaya dan kalo gue tetep keukeuh makan cabe, bakalan ada World War ke 3 dan gue gak mau itu terjadi, so karna doipun ngelarang itu demi kesehatan gue, yaudalah gue ngalah, tapi gue janji sama diri gue sendiri kalo nanti gue balik ke bali, gue akan makan semuanya sepuasnya tanpa ada yg ganggu *hehe
         entah kenapa semenjak gue nyampe ke prancis gue jadi hobi bgt masak, padahal selama gue di bali, eeuuhhmm mana pernah gue ke dapur, iya sih gue ke dapur tapi buat ambil makanan mateng bukan buat masak, sampe berkali kali itu mama sama adek gue bilang "kalo kamu gak bisa masak, so nanti suami kamu mau makan apa??" dan dengan santainya gue jawab "kan ada pembantu ntr yg masakin" dan mama gue nyautin "yakin bakalan punya pembantu??" dan karna gue males nanggepinnya akhirnya gue pergi dan tetep enjoy myself for not cooking, just eat lol -_-
dan gue lanjut lagi...... selama gue disini (baca:di prancis) gue baru 2x makan nasi, itupun yg sekalinya lontong hasil buatan sendiri, opss** lontong buatan sendiri ??? yg bener ajah,,?? "iya bener gue bikin lontong sendiri,masak sendiri dan segala sesuatunya sendiri.
ok masalah masak, gue paling males kalo tangan gue kecipratan minyak goreng panas, ini bukan karna gue anak pejabat atau anak konglomerat, ini cuma karna gue males aja, gue cuma ke dapur buat masak saat gue bener bener pengen masak makanan buatan gue sendiri.
dan selama gue disini, itu gue terus yang harus nyiapin semua makan malam, gak ada yg nyuruh loh ya, tapi gue yang mau, sekalian tunjukin ama keluarga doi kalo "ini loh masakan indonesia" dan emang sekalian juga buat pengalamangue, dan lebih heannya lagi, semua orang disini suka masakan gue, apapun itu, dari pisang goreng, es pisang ijo,oseng oseng tauge,sop ayam,sampe tahu goreng dll mereka semua pada doyan, even gue harus nurunin porsi pemakaian minyak goreng karna mereka gak makan banyak minyak, so secara gak langsung karna semua orang disini suka masakan gue, jadi guenya suka banget masak, papaun itu, tinggal siap siap keliling banyak supermarket aja buat dapetin semua bahan bahannya karna gak gampang, apalagi untuk ukuran masakan indonesia,beuh bisa bisa gue harus 3 jam sendiri di berbagai supermarket buat dapetin beberapa bahan tertentu. beda lagi ama daging, suami gue meskipun dia orang prancis asli dia gak mau beli daging di supermarket, dia harus pergi ke Boucherie meskipun hanya beli 1kg misalnya..
 gue bakalan upload beebrapa foto makanan yang pernah gue buat selama gue disini, memang sih bukan makanan yang "wah" tapi bagi gue ini luar biasa, karna gue gak suka masak sebelumnya.
ok sampai disini ulu gue nulisnya karna gak tau kenapa gue rasa gue bener bener lagi gak enak badan..
happy weekend,, au revoir dari anak Indonesia di Prancis.......


No comments:

Post a Comment